Selasa, 31 Agustus 2010

MELATIH BAYI

aisyah
Kemampuan anak untuk dapat berbicara dengan bahasa asing pastinya membuat banyak orang merasa kagum. Dan menurut Dr. Rosemini A.P.,MPsi hal tersebut sangat baik untuk membantu anak memahami informasi dan juga instruksi yang di sampaikan. Untuk para orang tua yang ingin mengetahui tahapan-tahapan anak saat mulai berbicara, beberapa pakar memberikan keterangannya.
Di jaman serba modern seperti sekarang ini, kita sering menjumpai anak-anak kecil yang sudah lancar berbicara dengan bahasa asing. Terutama bahasa Inggris, hal ini terkadang membuat kita sangat kagum akan kemampuan mereka. Tentunya bagi orang tua yang memiliki anak pandai berbahasa seperti itu akan merasa sangat bangga.
Itulah yang disebut smart language yaitu kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis. Menurut Dr. Rosemini A.P.,MPsi kemampuan ini akan membantu anak untuk bisa memahami informasi atau instruksi yang disampaikan. “Bisa dibilang ini bisa membantu mengembangkan kecerdasan anak,” ungkapnya saat ditemui di Surabaya.
Kemampuan untuk memahami dan menguasai dua jenis bahasa atau sering disebut bilingual ini paling banyak terjadi pada anak-anak dari pernikahan 2 bangsa yang menghasilkan 2 bahasa. “Karena orang tua menguasai dua bahasa maka anaknyacpun pasti akan mengikuti kemampuan tersebut,” ujar Psikolog yang akrab disapa Mbak Romi ini. Bagi anak-anak yang menguasai bilingual ini tentunya akan sangat banyak manfaatnya. Salah satunya membantu anak berkomunikasi dengan lingkungan, baik lisan maupun tulisan, juga menghindari terjadinya kesalahpahaman.
Kalau memperhatikan tuntutan globalisasi yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan dunia yang lebih luas, penguasaan dua bahasa ini memang sangat perlu bagi anak-anak. Tapi tentu saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan orang tua sebelum menggunakan bilingual sejak dini.
Menurut Rosemini ada beberapa tahapan perkembangan bahasa yang dilalui anak-anak dalam proses tumbuh kembang mereka. “Anak sudah mulai bisa memahami beberapa konsep dasar dan mulai bisa memproduksi kalimat yang lebih panjang dan kompleks saat mereka berumur 60 bulan, jadi kalau memang ingin memberi anak bekal pengetahuan tentang bahasa, sebaiknya dilakukan setelah usia tersebut,” terangnya.
Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh dr Paul Thompson bahwa otak berkembang mengikuti pola tertentu. Menurut dr Thompson, usia 3-6 tahun yang berkembang adalah otak bagian depan. Usia 6-13 tahun yang berkembang adalah otak bagian belakang, termasuk untuk perkembangan bahasa. Jadi usai 6-13 tahun adalah masa paling efektif untuk belajar bahasa, terutama untuk second language.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, ada beberapa tips bagi orang tua bagi kelancaran program tersebut. Orang tua harus mempertimbangkan kebutuhan keluarga dan kebutuhan anak sebelum menentukan menggunakan bilingual. “Ukurlah kebutuhan dan kemampuan diri dari si anak. Orang tua juga harus siap belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa kedua agar bisa memperlancar perkembangan bahasa anak,” tegas Rosemini. Dalam hal ini dianjurkan pula bagi orang tua untuk tidak hanya mengandalkan institusi sekolah atau tempat kursus untuk mengajarkan kemampuan bahasa anak.
Lalu bagaimana dengan bayi yang suka mengoceh? kalau bayi mulai mengoceh, ia tidak sedang iseng belaka. Ia justru sedang menunjukkan kemampuannya. Pendapat ini antara lain didasari beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika. Patricia Kuhl, Direktur Departemen Speech and Hearing University of Washington, mengungkapkan dengan mengoceh berarti bayi berlatih membangun fondasi berbahasa. Mengoceh juga menunjukkan kecerdasan si kecil. Kenapa? Karena bayi harus mentransformasikan suara atau kata-kata yang didengarnya untuk diselaraskan dengan kemampuan bicaranya. Senada dengan Kuhl, seorang spesialis percakapan dari University of Kansas, Mabel Rice, mengatakan bayi yang mengoceh berarti sedang belajar berbahasa.
Hasil penelitian pakar perkembangan otak dari Amerika tahun 1999, Huttenlocher, Jusyck, dan Kuhl juga menyebutkan, pada umur 6-12 bulan bayi dapat mengenali pola bicara orang di sekelilingnya. Bayi mampu mengenali kata-kata yang sering diucapkan ayah/ibunya. Makin sering orang tua berbicara kepada si kecil maka semakin kaya perbendaharaan kata yang diperolehnya. Alhasil, dia akan lebih terampil berbicara pada umur 5-6 tahun. Jadi, ternyata bayi tak cuma mengingat perkataan orang di sekelilingnya tapi juga menganalisanya. Bahkan, ia memiliki kemampuan mengingat struktur percakapan orang yang sedang berbicara di sekitarnya.
MENSTIMULASI KECERDASAN
Memang, tidak bijaksana jika kita hanya menganggap mengoceh sebagai satu-satunya tolak ukur kecerdasan bayi. Seperti diungkapkan dr. Soedjatmiko, Sp.A(K),M.Si., kecerdasan merupakan suatu hal yang kompleks. Antara lain membutuhkan proses melihat, mendengar, membandingkan, menyamakan, mengelompokkan, menggabungkan, menyimpan, merepresentasikan atau mengeskpresikan melalui berbagai cara, baik verbal maupun gerakan. Nah, agar mengoceh dapat memberi kontribusi besar kepada kecerdasannya, orang tua perlu menanggapi ocehan tersebut dengan penuh kasih sayang. “Dengan begitu bayi jadi merasa aman dan nyaman. Hal ini sangat penting untuk pembentukkan attachment serta basic trust pada bayi,” papar Ketua Subbagian Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI ini.
Mengoceh secara tidak langsung akan merangsang kecerdasan-kecerdasan lainnya, termasuk kecerdasan emosional, komunikasi, dan logika matematika. Lo, kok, sampai ke logika matematika segala? “Ya, kalau kita ingin bayi terbiasa dengan matematika, ajaklah ia berbicara mengenai konsep besar-kecil atau hitungan seperti penjumlahan dengan menggunaan alat peraga mainan. Secara otomatis hal itu menstimulasi kecerdasan matematikanya. Tentunya dengan syarat, lakukan dalam suasana bermain yang menarik dan menyenangkan,” kata Soedjatmiko.
TAHAPAN KEMAMPUAN BICARA
Kemampuan berbicara pada bayi terdiri atas beberapa tahapan. Berikut tahapannya menurut Soedjatmiko:
* Usia 0- 3 bulan. Bayi mulai menunjukkan reaksi terhadap bunyi-bunyian yang didengarnya. Dia akan mencari sumber suara tersebut. Si kecil juga perhatian terhadap suara musik atau nyanyian.
* Usia 3-6 bulan. Si kecil memandang orang yang berbicara padanya. Dia juga dapat tertawa dan mengeluarkan suara menandakan suasana hati gembira atau sebaliknya. Bayi akan terdiam memperhatikan/mendengar suara yang dikenalnya.
* Usia 6 -8 bulan. Bayi mulai bisa mengucapkan satu suku kata. Misalnya, “Ma, pa, ta…da.” Si kecil juga akan menjerit atau mengoceh minta diperhatikan. Di usia ini bayi menanggapi pembicaraan.
* Usia 8-10 bulan. Bayi mulai bisa bersuara bersambung. Misalnya, “Ma-ma-ma-ma, pa-pa-pa-pa, da-da-da-da, ta-ta-ta-ta.” Ocehannya mulai mirip dengan bicara.
* Usia 10-13 bulan. Si kecil mulai bisa memanggil. Misalnya, “Mama, Papa!” Ia mulai bisa mengucapkan satu kata sederhana.
MELATIH BAYI MENGOCEH
Jangan lupa dengan melatih bayi berbicara, kita sekaligus akan merangsang perkembangan emosi, sosial, dan kecerdasannya. Dengan latihan secara rutin diharapkan lama-kelamaan bayi dapat menjawab ucapan orang tuanya dengan kata-kata bahkan kalimat. Nah, supaya si kecil tidak terlambat berbicara, lakukan metode praktis melatih bayi berikut ini setiap hari:
I. Berbicaralah kepada bayi sebanyak dan sesering mungkin.
1. Bertanya pada bayi, contohnya, “Kamu haus, ya? Mau susu lagi?; Ini gambar apa?; Ini boneka apa?; Ini warnanya apa?; Ini namanya siapa?”
2. Berkomentar terhadap perasaan bayi. Contohnya, “Kasihan, adik rewel. Kepanasan, ya? Nah, sekarang dikipasin ya?; “Ooo, kasihan, adik rewel gatal digigit nyamuk, ya?; “Jatuh ya? Sakit? Sini diobatin!”
3. Menyatakan perasaan ibu/ayah. Contohnya, “Aduh, Mama kangen banget sama adik. Tadi Mama di kantor ingat terus sama adik. Mmmh, Mama sayang, deh, sama adik.”
4. Berkomentar tentang keadaan bayi. Contoh, “Tuh, mulutmu mungil, ya!; “Wah, rambutmu masih botak!”
5. Berkomentar mengenai kemampuan atau perilaku bayi. Contohnya, “Wah, Rini sudah bisa duduk!”; “Eeee, Tono sudah bisa berdiri?”; “Horee, anakku sudah bisa jalan!”
6. Bercerita tentang benda-benda di sekitar bayi. Contoh, “Ini namanya bantal. Warnanya merah muda. Ada gambar Winnie the Pooh-nya.”; Yang ini namanya boneka Teletubbies. Ini yang warna merah. Ini yang warnanya hijau. Yang itu ungu. Nih, coba peluk.”
7. Bercerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan pada bayi. Contoh, “Adik mandi dulu, ya? Pakai air hangat, pakai sabun, biar bersih, biar kumannya hilang, biar kulitnya bagus. Sekarang dihandukin biar kering, tidak kedinginan. Wah, Adik wangi. Sekarang pakai baju dan celana. Nah, selesai. Enak, kan? Habis ini minum ASI terus tidur, ya?”
8. Bercerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan orang tua. Contohnya, “Mama sekarang mau bikin susu buat adik! Ini susunya 3 takar ditambah air 90 ml, terus dikocok-kocok. Terlalu panas enggak? Oh, enggak. Nah, siap deh!”
II. Dengarkan suara bayi, berikan jawaban atau pujian
Ketika bayi bersuara atau berbicara walaupun tidak jelas, segeralah ayah/ibu menoleh dan memandang ke arah bayi dan mendengarkan suaranya seolah-olah mengerti maksudnya. Pandang matanya, tirukan suaranya, berikan jawaban atau pujian, seolah-olah bayi mengerti jawaban ayah/ibu. Contoh: Ta-ta-ta-ta? Ma-ma-ma-ma? Kenapa, sayang? Minta susu? Mau pup?
III. Bermain sambil berbicara
- Cilukba. Ayah/ibu mengucapkan, “Ciluuuuuuk!” sambil menutup muka dengan bantal beberapa detik kemudian bantal disingkirkan sambil ayah/ibu mengucapkan, “Baaaaaa!”
- Kapal terbang. “Nih ada kapal sedang terbang. Ngengngngngng…” Lalu arahkan kapal terbang mendekati wajah si kecil terus mendarat di atas perutnya.
- Boneka. Seolah-olah ayah/ibu berbicara kepada bayi, “Halo, kamu bayi yang lucu, ya?”
- Menyebutkan anggota badan. Misalnya, “Ini tangan. Ini kaki. Tiiiik…kitik…kitik., ini jari-jari.”
IV. Bernyanyi sambil bermain.
Putarkan kaset lagu anak-anak, ikutlah bernyanyi, sambil bertepuk tangan dan goyang kepala. Misalnya, “Pok-ame-ame, belalang kupu-kupu, tepok biar ramai, pagi-pagi minum …. susu.”; “Cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap, datang seekor nyamuk, …..hap! Lalu ditangkap.”; “Dua mata saya, hidung saya satu…,” sambil menunjuk ke mata, hidung dan seterusnya.
V. Membacakan cerita sambil menunjukkan gambar-gambar
Bacakan cerita singkat dari buku cerita anak yang bergambar. Tunjukkan gambar tokoh-tokoh yang ada dalam cerita seperti binatang, benda-benda, dan manusia.
VI. Banyak berbicara sepanjang jalan ketika bepergian
Tunjuklah benda-benda atau kejadian sambil menyebutkan dengan kata-kata secara berulang-ulang. Itu layang-layang sedang terbang, itu kakak sedang menyeberang jalan, itu burung sedang terbang, itu pohon ada bunganya, dan lainnya.
VI. Bermain dengan anak lain yang lebih jelas dan lancar berbicaranya
Ajak bayi bermain dengan anak lain seperti kakak, tetangga, atau sepupu yang sudah lebih jelas berbicaranya. Kemudian, bermain bersama menggunakan boneka, kubus, balok, lego, buku bergambar dan lainnya.
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
Menurut Soedjatmiko ada beberapa hal yang mesti diperhatikan orang tua ketika mengajarkan berbicara pada bayi adalah :
- Jangan memaksa si kecil berbicara.
- Kalau bayi bersuara walaupun tidak jelas, tetap berikan jawaban seolah-olah ibu/ayah mengerti ucapannya.
- Pujilah segera kalau dia seolah berbicara benar.
- Jangan menyalahkan kalau ucapannya tidak benar.
- Kalau bayi sudah bosan sebaiknya beralihlah ke kegiatan lain yang menarik dan menyenangkan.
- Jangan memotong ocehan bayi. Inilah alasannya:
(1) Saat mengoceh, bayi sebenarnya sedang berusaha menyampaikan pendapat atau ide-idenya. Kalau orang tua sampai memotong ocehan bayi, berarti juga memotong ide yang ingin disampaikan bayi. Perlu diketahui, mengoceh merupakan bagian dari latihan mengembangkan pendapat maupun ide.
(2) Kalau orang tua sering memotong ocehan bayi, dikhawatirkan si kecil kelak tak memiliki kepercayaan diri yang kuat. Ia akan selalu takut untuk berbicara.
(3) Bayi ingin ocehannya diperhatikan dan dihargai. Memotong ocehannya akan membuat si bayi merasa tak dihargai. Jadi, jangan sekali-sekali memotong ocehannya. (Suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar